SMKN 1 PARIAMAN MENUJU SMART SCHOOL

Diposting pada: 2020-05-02, oleh : Administrator, Kategori: Tanpa Kategori

Sabtu, 2 November 2019, bertempat  diruang Meeting SMKN 1 Bukittinggi, SMKN 1 Pariaman dan SMKN 1 Payakumbuh melakukan Bimtek pendampingan Penyusunan Program Smart school, yang merupakan salah satu bagian dari penerapan pelaksanaan Revolusi Industri 4.0. Kegiatan ini merupakan salah satu pelaksanaan dari bantuan Pengembangan SMK Rujukan tahun 2019 yang diterima oleh SMKN 1 Pariaman. Kegiatan didampingi oleh Nara Sumber Andreas Nugroho Sihananto, S.Kom, M.Kom Dosen Teknik Informatika Politeknik Kota Malang (Poltekom).

Smart School  atau Sekolah pintar merupakan suatu konsep sekolah yang berbasis teknologi yang digunakan dalam proses belajar-mengajar di kelas. Penggunaan teknologi pendidikan mencakup suatu sistem terintegrasi yang membantu komunitas pendidikan dalam menjalankan fungsinya masing-masing dengan tujuan mengembangkan potensi peserta didik. Pada dasarnya, penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan adalah untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai. Sedangkan tujuan utama teknologi dalam pembelajaran adalah (1) untuk memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi pembelajaran; dan (2) untuk meningkatkan kinerja  Penggunaan teknologi berbasis internet dalam bidang pendidikan ini membantu interaksi antara komunitas sekolah, siswa dan guru misalnya semakin lebih mudah.

Penggunaan teknologi dalam konsep sekolah pintar dapat terlihat dari beberapa hal. Dari sisi guru, pengelolaan administrasi lebih mudah dilakukan. Misalnya, penulisan, penyusunan maupun perencanaan rencana pembelajaran dapat dibandingkan dengan rencana pembelajaran guru-guru lain yang tergabung dalam komunitas pendidikan. Memasukan nilai siswa juga bisa dilakukan secara online dan data tiap guru dapat disimpan di server sekolah dengan menggunakan jaringan LAN. Teknologi berbasis internet juga dapat digunakan dalam membangun media komunikasi sekolah. Informasi dan sosialisasi program sekolah ke pihak orang tua dapat dilakukan lewat website. Begitu juga dengan agenda online siswa yang dapat diakses melalui multi platform. Komunikasi antar guru dan siswa juga semakin mudah dengan adanya sosial media, seperti Facebook, Line dan WhatsApp yang menghubungkan guru dengan siswa tanpa mengenal waktu dan tempat. Selain itu manfaat penggunaan teknologi ini juga bertujuan untuk menghemat pemakaian kertas (paperless), penyampaian informasi lebih cepat dan lebih mudah didapat, ketrampilan menggunakan teknologi terasah dan kinerja sekolah dan individu lebih baik. Sekolah Bintang Mulia di kawasan Mekar Wangi, Bandung, merupakan contoh sekolah yang mengembangkan pendidikan berbasis teknologi informasi. Pihak sekolah memberikan dukungan dengan memberikan pelatihan kepada para guru dan siswa untuk dapat menggunakan tablet dalam mengerjakan administrasi dan tugas-tugas sekolah.

Untuk Implementasi Smart School, dapat dilakukan dengan 4 Tahapan yaitu :

  1. Digitalisasi
  • Mengupayakan segala proses manual berpindah ke sistem digital atau elektronik
  • Mengimplementasikan sebanyak-banyaknya komponen smart school baik dengan perangkat lunak open source, mengembangkan aplikasi sendiri, maupun menggandeng pihak ketiga
  1. Integrasi
  • Mengupayakan integrasi antar sistem
  • Walaupun penggunaan aplikasi berbeda tapi data bisa disingkronkan
  • Berlaku single user untuk semua sistem
  • Tidak ada duplikasi data
  • Satu data untuk semua sistem
  1. Decision Support System
  • Perbanyak Laporan ekskutif untuk bahan pengambilan keputusan
  • Analisis data mingguan, bulanan, semester dan tahun
  1. Intelligent System
  • Mampu memprediksi atau membuat keputusan cerdas,

contoh: Prediksi konsumsi daya listrik bulan depan

  • Mengetahui pola yang tak lazim, misal ada orang masuk labolatorium tengah malam
  • Prediksi anak berpotensi Drop Out (rofi).

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini